Selasa, 04 Agustus 2015

Profil KUB Sari Bumi


  

IKM gula kelapa cetak dan kristal di Desa Bojong, Merebet, Kabupaten Purbalingga berupa home industries yang berjumlah 23 pengrajin. IKM ini berdiri pada tanggal 23 Juli 2001, dimana pada saat itu IKM ini diberi nama “Kelompok Sari Bumi” hingga sekarang. Seluruh pengrajin di desa bojong dikumpulkan untuk diberi binaan oleh DISPERINDAKOM, LIPI, Dinas Perkebunan, dan UKM Center. Setelah pembinaan sudah didapat dan pengalaman pun makin matang, banyak pertimbangan yang memicu Kelompok Sari Bumi untuk memisahkan diri dan membentuk kelompok sendiri di dusun 1 Desa Bojong, dan pada akhirnya terbentuklah IKM Kelompok Sari Bumi di Dusun 1 Desa Bojong pada tahun 2003. Pengrajin rata-rata memperoleh nira sebanyak 42 liter untuk dijadikan gula kelapa Cetak/Kristal perharinya. Pembuatan gula kelapa Cetak/Kristal di Desa Bojong dilaksanakan secara kontinyu setiap harinya dengan peralatan sederhana.

KUB Sari Bumi adalah kelompok usaha bersama yang bergerak dibidang produksi gula kelapa. Lokasi KUB Sari Bumi berada di kaki gunung Slamet tepatnya di wilayah desa Bojong kecamatan Mrebet kabupaten Purbalingga Jawa Tengah. Desa bojong memiliki potensi gula kelapa yang melimpah. Dibuktikan dengan lahan kelapa yang tersebar di tiga dusun. KUB Sari Bumi didirikan sejak tahun 2001 oleh pak Muhaimin dan hingga saat ini jumlah anggota yang bergabung dalam KUB sebanyak 28 penderes (pengrajin) gula kelapa. Saat ini KUB Sari Bumi berfokus pada produk gula semut. Produknya dibuat secara tradisional dan berkomitmen untuk menjaga mutu gula kelapa yang baik. Produk yang dihasilkan diproses menggunakan laru alami yang berasal dari tatal nangka, kulit manggis, atau kapur sirih. Produk KUB Sari Bumi tidak mengunakan pengawet kimia (sulfit) sehingga aman dikonsumsi.

Merek yang dimiliki oleh Sari Bumi adalah Manggar Mas. Manggar sendiri mempunyai arti bunga kelapa dan Mas yang berarti bernilai atau berharga. Dengan begitu diharapkan Manggar Mas dapat menjadi produk gula kelapa yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Gula semut milik KUB Sari Bumi di jual baik secara kemasan praktis dan curah dengan menyasar target pasar lokal dan pasar luar negeri. Di pasar lokal produknya sudah dapat ditemui di wilayah purbalingga dan sekitarnya. Sedangankan untuk pasar luar negeri KUB Sari Bumi sudah menjadi suplier produk gula semut untuk diekspor ke Jepang dan Kanada.

Sertifikasi:
  • Halal
  • SNI   : 01-3743-1995
  • PIRT : 209330301010518
Mitra usaha:
  •           LPPM Unsoed
  •           BI

Kontak :
Alamat : Dusun Satu Desa Bojong Kecamatan Mrebet Kabupaten Purbalingga, Indonesia
Hp : 085291314238 (Muhaimin)

Email : kub.saribumi@gmail.com 

0 komentar:

Posting Komentar