Senin, 03 Agustus 2015

Gula Semut



Gula Semut



Gula kelapa kristal merupakanbentuk serbuk dari gula kelapa cetak yang banyak beredar di pasar. Gula kelapa kristal sering disebut juga dengan nama gula semut hal ini dikarenakan bentuknya yang menyerupai sarang semut di tanah. Gula kelapa dikenal sehat dan aman dikonsumsi karena mempunyai kadar glycimax paling rendah dibandingkan bahan baku pembuat gula lainnya.
Proses pembuatan gula semut berbeda dengan pembuatan gula kelapa cetak. Jika gula kelapa cetak diproduksi menggunakan cetakan lingkaran atau setangah mangkuk. Untuk membuat gula semut nira kelapa dibiarkan mengental setelah itu didinginkan lalu dihaluskan dengan cara”diguser” menggunakan batok kelapa yang telah dimodifikasi.
Produk gula semut mempunyai beberapa keunggulan dibanding gula kelapa cetak diantaranya adalah lebih higienis dan bebas bahan kimia, mudah larut karena berbentuk kristal dan mempunyai daya simpan yang lebih lama sehingga praktis dan ekonomis untuk industri pangan. Gula kelapa dapat menjadi tambahan pemanis untuk dikonsumsi sehari-hari karena aman bagi kesehatan. Produk gula kelapa dapat dijumpai di beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya adala produk gula kelapa milik KUB Sari Bumi di desa Bojong kecamatan Mrebet, Purbalingga.

0 komentar:

Posting Komentar