Kamis, 06 Agustus 2015

Manfaat gula kelapa kristal (gula semut)

Gula kelapa atau coconut palm sugar dalam bentuk kristal atau bubuk, kadang juga disebut gula semut. Gula semut kelapa sudah dipercaya dan dibuktikan memiliki banyak manfaat kesehatan dibandingkan gula tebu atau putih. Selain memberikan rasa manis gula kelapa dinilai rendah kalori, mengandung garam mineral, dan kaya nutrisi serta vitamin A. Penggunaannya lebih praktis karena mudah larut, plus tahan lama karena kadar air yang rendah. Gula ini bisa ditambahkan ke jamu atau minuman hangat, adonan roti, kue, atau makanan lainnya.

Gula kelapa digunakaan untuk berbagai keperluan, yaitu :
1.       Keperluan rumah tangga, seperti, bumbu masakan, dan pemanis makanan ringan.
2.       Sebagai bahan baku industri makanan ringan seperti: getuk goreng, nopia, jenang atau dodol, kecap, cucur, serabi, candil, dan lain-lain.
3.       Pemanis minuman, seperti es cendol, es cincau.
4.       Sebagai bahan penolong industri makanan seperti, beberapa jenis roti, angleng, putu, rengginang, eming manis dan abon.
Penggunaan gula kelapa sulit digantikan dengan gula lainnya, karen gula kelapa memiliki warna, rasan dan flavour yang khas.


Gula Semut mempunyai banyak kegunaan :
1.       Sebagai pengganti gula pasir, gula semut sangat nikmat bila dipakai sebagai pemanis minuman teh dan kopi.
2.       Menurut para peneliti kandungan gula kelapa cukup baik dibanding gula yang terbuat dari bahan lain karena kadar gulanya yang rendah sehingga baik untuk penderita diabetes, serta mengandung kalori yang tinggi dan tidak ada efek samping pada tubuh.
3.       Gula kelapa cukup kaya akan unsur protein, mineral, vitamin C, riboflavin, thiamine, fosfor dan calsium.
4.       Sebagai penguat rasa dan penguat khasiat minuman kesehatan jika ditambahkan dengan rempah-rempah seperti jahe, kunyit asam, temulawak, dan lain-lain.
5.       Yang dimanfaatkan bukan hanya rasa manisnya tapi juga warna coklat yang cantik untuk memperkuat tampilan fisik makanan.

Tabel 1.1 Komposisi Zat Gizi Gula Kelapa per 100 gram
No
Zat Gizi
Jumlah
1.
Kalori
386 kal
2.
Karbonat
76 gr
3.
Lemak
10 gr
4.
Protein
3 gr
5.
Kalsium
76 mgr
6.
Fosfor
37 mgr
7.
Air
10 gr


Gula  kelapa  krital  (gula  semut)  mempunyai  beberapa  keunggulan dibandingkan  dengan  gula  kelapa  cetak,  yaitu:  lebih  mudah  larut  karena  berbentuk kristal,  daya  simpan  yang  lebih  lama,  bentuknya  lebih  menarik,  pengemasan  dan pengangkutan lebih mudah, rasa dan aromanya lebih khas.



0 komentar:

Posting Komentar